Minggu, 24 November 2013

Masalah Gigi Pada Anak Anak



Alhamdulillah..gigi Yodha tanggal satu lagi kemaren yang bawah..gara2 makan roti bagelen keras..hihi. Lo..kok alhamdulillah..iya..soalnya yang tanggal kan gigi susunya..dan gigi susu itu juga udah nggak bagus..udah keropos..jadi lebih baik segera tergantikan gigi tetepnya aja dech..biar bisa segera lihat senyum manis Yodha..kayak pas waktu kecil..pas giginya belum rusak dulu. Untung gigi susunya yang rusak..jadi masih bisa numbuh lagi. Dan ini bener2 jadi pelajaran berharga buatku..agar ebih berhati2 dan disiplin merawat gigi tetap kakak nanti. Dulu..karena saking sayangnya sama Yodha..apa2 ku biarin..malam2 tidur..minta susu dot juga ku kasih aja pas umur setahun gitu..akhirnya..gigi susunya rusak semua. Setelah melewati masa2 yang sulit dengan gigi susunya sampai umur 7 tahun ini..karena jadi kurang pinter ngunyah yang keras..gigi sakit..bolong..senyumnya jadi kurang manis..hihi..dll...akhirnya satu persatu gigi tetepnya mulai tumbuh..atas dua..bawah dua..dan gigi geraham belakang kiri kanan udah. Lega..jadi udah bisa mengunyah dengan baik sekarang Kakak..kalau makan daging dll. 

Setelah aku browsing sana2 sini..memang nge dot di malan hari sambil tidur itu nggak bagus banget buat kesehatan gigi..jadi..Bunda2 yang masih punya baby atau balita..jangan sampai ya..kejadian kayak Yodhaku..giginya rusak..gara2 nge dot sambil tidur pas kecil. Ini nich penjelasan dari ahli pediatri yang aku rangkum..semoga bermanfaat.

Ketika bayi menghisap secara aktif, gerakan otot-otot wajah dan air liur membilas secara alami yang berfungsi untuk membersihkan giginya.
Ketika bayi tertidur sambil mengisap botol, kegiatan mengisap menjadi pasif, dan mereka menelan dengan lambat, menyebabkan jus atau susu tergenang di sekitar gigi membentuk selaput yang lengket (plak). Gula dalam plak berubah menjadi asam. Hal ini menyebabkan pengikisan dan pembusukan yang parah, yang dikenal sebagai "Baby bottle tooth decay". Jadi sebaiknya..bayi atau balita tidak minum susu pakai dot..atau jika terpaksa, setelah minum susu di kumur dengan air atau di sikat giginya.

Kebiasaan mengisap jari atau dot adahal hal yang umum untuk bayi dan balita, namun mereka berhenti sendiri ketika anak berumur antara 2 sampai 4 tahun. Jika kebiasaan itu tetap berlanjut untuk waktu yang lama, gigi depan atas anak anda mungkin mulai mengarah keluar atas bibir; susunan giginya, gigitan atau pertumbuhan rahang dan tulang mungkin akan terpengaruh.

Periode gigi tetap dimulai sekitar 6-7 tahun, sayangnya saat umur segitu anak-anak kebanyakan masih belum telaten ngurusin giginya dan orang tua belum tentu peduli, jadi gak jarang gigi tetap ada yang udah keburu rusak pas masih SD…hiii..serem dech..janji dech..gigi Yodha mau aku rawat baik..nggak usah makan yang manis2..terlalu banyak..coklat..permen..dll..sayang aja..kalau ganteng2 giginya rusak ntar pas udah dewasa..^^ Kalau gigi tetap, apabila rusak & harus dicabut sudah tidak ada gantinya lagi soalnya.

Oh iya..walaupun gigi susu pada akhirnya akan tanggal..tapi sebenernya gigi susu itu punya fungsi banyak lho Bunda..jadi tetep harus di jaga baik2. 
Fungsi gigi susu itu banyak banget : pemandu pertumbuhan gigi tetap, estetika, fungsi pengunyahan. Yang kalau dicabut sebelum waktunya bisa bikin gigi tetap tumbuh gak beraturan, anak kehilangan kepercayaan diri 

Kalau gigi anak sering sakit, sebaiknya nggak di cabut..kalau bolong cukup di tambal. Makanya sebagian dokter gigi anak melarang mencabut gigi susu apalagi gigi geraham ya..kaau belum benar2 goyang, karena anak masih sangat kecil & prioritasnya adl mempertahankan giginya baik dengan ditambal atau perawatan syaraf, jika pun harus dicabut, dokter gigi bisa ngasih alat supaya fungsi estetis & pengunyahan bisa berfungsi normal.

Jangan sampai dech kajadian kayak gigi susu Yodha nich..rusak semua ..untung sekarang udah numbuh gigi tetepanya sebagian. Masak..ganteng ganteng kok..ompong..gitu dech..papinya suka meledek Yodha ku tersayang..hihi.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar