Rabu, 06 November 2013

Memarahi Anak Dengan Bijak..

Ibu mana yang tidak pernah memarahi anaknya. Pasti kita sebagai ibu sering ya marahin anak..walau semua itu buat kebaikan anak..cuma memang rata2 seorang ibu itu lebih cerewet kepada anaknya..ntah itu sekedar menaikkan volume suara..karena anak tidak mau mendengar nasehat atau apa yang kita suruh untuk di lakukannya..atau berkaitan dengan kewajiban dia..misal makan..tidur siang..jangan kelamaan nonton dll. Masing2 ibu punya gaya sendiri dalam memarahi anak.

Ponakanku..di bilang sama anaknya yang masih TK..ih...kalau Bunda mah..marah2 terus kerjaannya..beda sama ayah..baik..hihi..gara2 memang dia kalau nyuruh anak2nya dengan suara keras dan lantang, sementara suaminya begitu lemah lembut kalau ngomong ke anak2nya. Kalau aku termasuk ibu yang marah jika memang anak melakukan kesalahan aja. Jadi ingat Kakak..dulu pas Tk sering banget muntah..bukan sakit..tapi sengaja melepeh atau memuntahkan makanannya kalau kekenyangan..duch..rasanya jengkel..udah makan habis banyak..teru scuma di muntahin...pengen marah..kecewa dll. Kadang sampai marah2 ke Kakak..dan Kakak cuma diam aja dengan wajah memelas dan tertekan..akhirnya aku sendiri yag menyesal..karena memarahinya. Eh..ternyata sekarang..kalau aku pikir2..gaya marah Kakak itu ikut2 an aku..waktu dulu akau marahin dia..hihi. Jadi misal..ekpresi kekesalanku..sampai bahasa tubuhnya ketika marah..di rekam sama dia ternyata..dan sekarang di tirukan..ketika dia sudah besar dan lagi marah..waduch..ternyata anak2 memang pengkopi paste ulung. Jadi nyesel dech dulu  marahin Kakak pas TK dengan emosi yang berlebihan di depannya.

Jadi sekarang..sebisa mungkin kalau marah aku tahan dulu..lebih baik ku diamkan..baru setelah dia melakukan kesalalan..aku ajak ngomong baik2..di kasih nasehat dan aku ajak ngobrol dari hati ke hati, misal pas mau bobok..dan hasilnya..lebih oke untuk semua. Untukku tidak ada lagi ras anyesek di dada...penyesalan..karena emosi dan memarahi anak..tidak ada ekspresi memelas Kakak ketika di marahi..dan lebih cepat aja..masuk..di kasih masukan..daripada di marahi. Oke dech Kakak..Mami janji dech..nggak akan marah2 lagi..kecuali Kakak bener2 bandel..hihi. Marah..cuma membuang2 energy memang. Semoga aku bisa menjadi contoh yang baik buat Kakak..jangan sampai dech..membanting2 sesuatu di depan anak..dll..soalnya..pasti di tiru..Papinya..kalau marah..suka melempar apa yang di dekatnya..misal...remote TV..dll..akhirnya di tiruin dech sama Kakak..kalau marah suka lempar buku..mainan..dll dulu. Untung sekarang udah nggak..karena aku selalu ingatin suami untuk mengontrol emosi di depan anak. Lebih baik..marahnya di kamar aja..kalau benar2  jengkel atau kesal..jangan sampai di liat oleh anak. Yap..karena mereka memang akan selalu meniru perilaku dari orangtuanya.

Kayak gini nich...tampang Kakak ketika berbuat salah dan di nasehati Papinya..iseng aku foto aja..:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar